-->

img

Jakarta - Banyak mitos dan nasehat dari nenek moyang yang berkembang dan masih dipercaya hingga kini, termasuk cara merawat tubuh dan kulit. Padahal mitos tersebut belum tentu benar, bahkan bisa merugikan.

Seperti mitos-mitos berikut ini yang sebaiknya tidak Anda percaya dan tinggalkan saja, yang dikutip dari Bella Sugar:

1. Pori-pori Bisa Dikecilkan
Jika Anda percaya dengan produk-produk yang mengklaim dapat mengecilkan pori-pori, Anda salah. Ukuran pori-pori tidak bisa dikecilkan, tapi Anda bisa meminimalkan tampilan pori-pori dengan pengelupasan kulit. Fungsinya untuk menjaga kulit dari kotoran dan komedo. Astringent, bahan kimia untuk mengecilkan pori-pori tetap tidak bisa membantu. Bahan kimia tersebut bisa sedikit mengecilkan, tapi tidak dalam jangka panjang.

2. Masalah Kulit di Wajah Selalu Jerawat
Kebanyakan orang berasumsi jika kulit kemerahan dan bentol sudah pasti jerawat. Padahal belum tentu. Banyak orang yang mengobati benjolan seperti rosacea, eksim, psoriasis atau alergi kulit dengan menggunakan obat jerawat, yang malah membuat kulit lebih teriritasi.

3. Lip Balm Membuat Bibir Lembab
Ada banyak produk lip balm yang mengandung mentol dan kamper. Paparan kandungan tersebut pada kulit bibir malah memicu bibir semakin kering. Bahkan produk yang tidak mengandung bahan tersebut, jika dipakai terus-menerus dapat menurunkan kelembaban alami bibir dan mengeringkan kulit halus di bibir.

4. Rutin Potong Rambut Dapat Membuat Tumbuh Lebih Cepat
Ini adalah mitos yang keliru. Pemangkasan rambut berfungsi untuk mencegah rambut bercabang dan menjaga rambut dalam kondisi yang baik. Sedangkan tingkat pertumbuhan rambut ditentukan dari genetik, lingkungan, diet dan waktu.

(kik/hst)

0 komentar: