-->


Sebelum saya menjelaskan lebih jauh tentang masalah ini perlu diketahui terlebih dahulu:
  1. IDHostinger menerapkan aturan batasan penggunaan resources (sumberdaya) diantaranya yaitu CPU (baca processor).
  2. Aturan ini berlaku baik bagi yang berbayar maupun yang gratis, hanya porsinya berbeda, kalau yang gratis pemakaian CPU tidak dijinkan melebihi 10% dalam waktu 60 detik, sedangkan bagi yang berbayar (saya tidak tahu apakah premium dan bisnis sama atau tidak) adalah 25% dalam waktu 300 detik.
  3. Jika aplikasi web melebihi batas yang diijinkan, maka web tersebut tidak bisa diakses karena secara otomatis mesin server me-diredirect (meneruskan) ke halaman pemberitahuan IDHostinger.
Adapun hal-hal yang termasuk proses penggunaan CPU (processor) diantaranya: php, cron job, mysql, http, dll.
Dalam prosesnya faktor-faktor tersebut memang saling berkaitan, tidak berdiri sendiri, tetapi beban faktor-faktor tersebut terhadap penggunaan processor sangat tergantung kepada tipe web yang diinstall.
Saya ambil contoh, misalnya web yang kita install adalah DCMS (yang saya periksa adalah versi FB). Setelah saya sekilas meneliti, ternyata aplikasi tersebut merupakan aplikasi obrolan, walaupun tipe obrolan ini tidak bersifat langsung (interaksi online) tetapi dalam prosesnya aplikasi ini banyak menggunakan query yang merupakan proses mysql, karena banyaknya query, maka otomatis banyak proses penggunaan resources (diantaranya processor), karena banyak data yang masuk dan keluar, oleh karena itu wajar kalau aplikasi ini (misalnya) terkena aturan “Melebihi batasan penggunaan CPU”.
Hal lain dari aplikasi ini yang menyebabkan penggunaan resource begitu tinggi adalah karena dalam hampir sebagian besar tabel (setelah saya mengambil contoh beberapa diantaranya) ternyata tidak ada unsur optimize, artinya tabel tidak didesain untuk low performance, misalnya:
  • Hampir sebagian besar tipe data integer (int) diset ke size 11 digit, artinya mysql meminta mesin untuk menyediakan resourcenya sebanyak itu, padahal kalau kebutuhannya untuk 2 digit misalnya, set aja ke 2 digit, kan lebih hemat tuh sumberdaya.
  • Banyak tipe data varchar (string) diset ke size 1024 karakter, ini juga sama sebenarnya masih bisa dioptimize, mengapa? Karena kebanyakan obrolan kita kan kalimatnya pendek-pendek, jarang panjang.
Naahh… dari situlah gan, bermulanya ada hukuman “Melebihi batasan penggunaan CPU”. Tapi ingat ya! Ini bukan satu-satunya penyebab hukuman tersebut, mungkin ada faktor-faktor lain, yang pasti, proses aplikasi web yang agan bangun melebihi batas toleransi penggunaan cpu (processor) terserah dari sisi mana penggunaan itu.
Inilah yang saya ketahui, bagi para senior atau admin Hostinger saya mohon koreksinya bila ada yang salah.
=== Update ===
Ini salah satu diskusi saya sama salah seorang momod/mimin IDHostinger, beliau mengatakan:
Banyak script/plugin/modul yang dapat menyebabkan overload. Beberapa di antaranya:
1. script yang melakukan grab otomatis, seperi posting otomatis dan sejenisnya (Autoblog dan sejenisnya).
2. script yang melakukan queri secara terus menerus seperti plugin AGC (auto generate content) dan sejenisnya.
3. script autosubmit dan sejenisnya.
4. script untuk membuat web proxy, file sharing dan download file.
5. cron job yang bekerja secara terus menerus dan melakukan queri yang berat.
6. script bot visitors untuk meningkatkan trafik
7. script chat, script web statistik dan lain-lain
dan yang paling sering digunkan oleh pengguna IDHostinger padahal sudah dilarang: 8. script autosubmit, autolike, autobot dan sejenisnya.

2 komentar:

Alami Ilmiah said...

saya barussaja mengalami ini. tau sampe kapan ini terjadi?

Wan Irfan said...

Yang sabar aja Gan,...